Mengenali Pengertian Komputer | Definisi Komputer

Mengenali Pengertian Komputer | Definisi Komputer

Pengertian Komputer, sebagian besar dari anda tentunya sudah mengetahui perangkat komputer. Ya sekarang ini perangkat komputer memang telah semakin berkembang dan kian menyesak dalam setiap lini kehidupan masyarakat kita. Perangkat ini dinilai mampu membantu manusia dalam semakin meringankan kebutuhan hidup yang semakin kompleks. Nah anda mungkin seringkali menggunakan komputer di rumah anda maupun di kantor, tapi tahukah anda apakah pengertian komputer itu? Dan hal apa saja yang bisa anda dapatkan dalam sebuah perangkat komputer. Tentunya untuk mendapatkan banyak informasi menarik dan penting tentangnya maka anda harus membaca ulasan berikut ini dengan seksama.
komputer

Hal yang akan kita bahas untuk pertama kali pada ulasan kali ini adalah tentang apa itu definisi komputer. Secara umum dapat kita katakan bahwa perangkat komputer merupakan serangkaian perangkat elektronik yang saling berkaitan satu sama lain dalam sebuah hubungan kerjasama yang membentuk sebuah sistem tertentu, yang dengannya dalam sebuah perangkat komputer dapat terdiri dari jutaan komponen yang saling terhubung. Dengan hal tersebut, seseorang dapat memberikan semacam perintah pada komputer sebagai program kerjanya, hingga dapat menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang kita lakukan.

Setidaknya ada dua hal utama yang akan menjadi sorotan utama kita saat membicarakan tentang komputer. Yakni mengenai dua komponen pokok yang berupa hardware dan software. Pembahasan tentang keduanya akan saya ulas secara ringkas di bawah ini.

Hardware
Hardware atau perangkat keras merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat komputer. Hardware adalah komponen fisik yang bendanya dapat kita sentuh, beberapa di antaraya adalah :
  1. Monitor yang berfungsi menampilkan out put data
  2. Keyboard yang terdiri dari huruf dan angka serta symbol-simbol lain yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer.
  3. Mouse. Perangkat keras yang satu ini sangat berguna bagi kita dalam mempermudah saat menggerakkan kursor.
  4. Selain itu masih terdapat perangkat keras yang tak kalah penting lainnya seperti hardisk, motherboard dan lain sebagainya.
Software
Software atau perangkat lunak merupakan hal yang tak kalah penting dalam sebuah komputer setelah Hardware. Jika hardware merupakan perangkat fisik dari sebuah komputer yang dapat kita pegang maka software ini merupakan isi dari perangkat keras tersebut. Namun tidak dapat kita sentuh, contohnya adalah software sistem operasi, software pemrograman bahasa dan software program aplikasi.

Sebuah komputer dinyatakan sebagai perangkat yang baik tidak bisa hanya mengandalkan pada kualitas salah satu komponen saja, misalkan hardware saja atau software saja. Karena pada dasarnya hardware tidak akan berfungsi secara maksimal jika tidak menggunakan software yang baik. Demikian juga sebaliknya, software tidak dapat digunakan jika sebuah komputer tidak memiliki hardware yang menunjang.

Dan demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang perangkat komputer dan apa saja yang ada di dalamnya. Semoga beberapa ulasan mengenai pengertian komputer diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top