Cara Merawat Printer Agar Awet dan Memiliki Usia Panjang

Cara Merawat Printer Agar Awet dan Memiliki Usia Panjang

Cara Merawat Printer - Printer merupakan salah satu perangkat penunjang untuk aktivitas pekerjaan yang berkaitan dengan komputerisasi. Printer merupakan salah satu hardware komputer yang memiliki peran sebagai output dari perintah yang diberikan oleh komputer untuk kemudian mencetaknya kedalam media kertas atau media fisik lainnya. Perawatan printer sangat diperlukan karena printer juga merupakan perangkat yang sensitif jika kita tidak jeli dalam merawat dan menggunakannya. Berikut ini saya akan memberikan kepada anda beberapa informasi menarik mengenai tips yang perawatan printer yang anda miliki agar memiliki usia pakai yang lama.

cara merawat printer

Berikut dibawah ini beberapa tips sederhana dalam melakukan perawatan printer :
  1. Hal pertama yang harus anda perhatikan agar printer yang anda miliki tetap awet adalah menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan. Terlebih hal-hal yang berhubungan dengan prosedur menyalakan atau mematikan printer, ini harus anda cermati agar tidak menimbulkan kerusakan pada printer anda.
  2. Hal yang kedua yang harus anda perhatikan adalah dengan melakukan pembersihan secara berkala (rutin) pada printer yang anda miliki. Karena dengan adanya tumpukan debu yang ada pada printer anda akibat jarang dibersihkan maka hal tersebut akan mengakibatkan printer anda cepat mengalami kerusakan dan terutama terlihat pada menurunnya kualitas hasil cetakan printer anda.
  3. Jangan terlalu sering melakukan pencetakan secara full block menggunakan printer yang anda miliki. Sebaiknya jika hal ini terpaksa anda lakukan, harus dipastikan bahwa pencetakan yang satu dengan yang lain memiliki jeda waktu yang cukup.
  4. Jangan berganti-ganti merk tinta. Jika anda telah terbiasa menggunakan merk tinta jenis tertentu maka sebaiknya anda tetap menggunakan merk tersebut karena dengan sering berganti merk tinta maka hal tersebut dapat mengakibatkan tinta menggumpal. Dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada catridge.
  5. Kertas yang anda gunakan pun tak luput dari perhatian. Sebaiknya anda selalu menggunakan kertas yang bersih dan tidak kusut agar kinerja printer yang anda miliki tidak terganggu.
  6. Ketika printer tersebut memang sedang tidak anda gunakan dalam waktu yang lama, maka sebaiknya anda tetap melakukan pemanasan untuk menjaga agar printer tidak rusak. Paling tidak hal ini anda lakukan 1 atau 2 hari sekali.
Dengan melakukan hal-hal yang mungkin terkesan sederhana diatas setidaknya printer akan berjalan lancar. Karena terkadang dari hal yang kita anggap permasalahan sederhana seperti debu, justru akan berakibat fatal dan bisa merusak printer yang kita miliki. Berikut diatas sedikit ulasan mengenai cara merawat printer semoga dapat bermanfaat bagi kita yang memiliki perangkat komputer.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top