Pengertian Software (Perangkat Lunak) Komputer

Pengertian Software (Perangkat Lunak) Komputer

Pengertian Software - Pada pertemuan kali ini kami akan mengajak anda untuk membicarakan sesuatu hal yang menarik yang berkaitan erat dengan komputer. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah hal yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Ya, hal tersebut karena komputer saat ini telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan yang kita jalani. Dengan adanya komputer, menjadikan banyak kejadian yang kita alami menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Contohnya saja ketika mengerjakan pekerjaan kantor, dahulu sebelum komputer berkembang seperti sekarang ini masyarakat menggunakan pekerjaan kantor menggunakan peralatan manual yang membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih sulit untuk dikerjakan. Namun saat ini setelah perkembangan komputer yang sedemikian rupa hal tersebut menjadi lebih mudah.

Apa yang membuat sebuah komputer mampu menjalankan perintah yang kita berikan? Salah satu jawaban utama dari pertanyaan tersebut adalah tentang adanya software yang baik. Kali ini kami akan mengulas tentang software / perangkat lunak komputer.

Apa itu Software?
Pengertian software atau perangkat lunak yaitu sebuah perangkat komputer yang dapat kita lihat pada tampilan di layar monitor namun tidak dapat kita sentuh. Software ini terdiri dari berbagai macam jenis yaitu sebagai berikut.

Perangkat lunak sistem

Perangkat lunak sistem ini terdiri dari tiga jenis utama yakni.
  • Bahasa pemrograman. Merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus dengan tujuan untuk mengkonversikan arsitektur serta alogaritma yang bisa kita jalankan pada komputer. Contoh dari bahasa pemrograman yang digunakan saat ini adalah Pascal, FORTRAN dan lain sebagainya.
  • Sistem Operasi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang pertama kali menjalankan tugasnya ketika komputer baru pertama kali dihidupkan. Sistem operasi mengatur secara keseluruhan dari kinerja komputer, mulai dari input data, pemrosesan data di dalam komputer hingga menghasilkan output data. Contoh dari sistem operasi yang digunakan pada komputer adalah Windows 95, linux, dan lain sebagainya.
  • Utility. Utility ini merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menjalankan kerja tertentu semisal adalah melakukan pengecekan terhadap kerusakan pada hardisk. Contohnya perangkat lunak sistem utility ini adalah Norton Untility.

Perangkat Lunak Aplikasi

Program aplikasi merupakan paket perangkat lunak yang dirancang untuk sebuah kebutuhan khusus. Beberapa contoh program aplikasi antara lain adalah sebagai berikut.
  • Program pengolah kata. Program ini digunakan khusus untuk menjalankan perintah yang berhubungan dengan teks. Contohnya adalah Microsoft word, Libre Office dll.
  • Program database. Program ini memiliki tujuan utama untuk membuat dan mengolah database. Contohnya adalah microfost acces.
  • Program desain. Program ini digunakan untuk membuat sebuah desain secara otomatis di dalam perangkat komputer. Contoh program aplikasi ini adalah photoshop, corel draw, auto CAD dan lain sebagainya. Selain itu masih terdapat banyak jenis aplikasi yang lainnya.
Berikut sedikit penjabaran singkat diatas mengenai pengertian software semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua penggemar teknologi.



1 comment:

Anonymous said...

Terima jasa pembuatan software komputer/sistem informasi (sistem informasi hotel, guest house, klinik, akademik sekolah, dll). Hubungi Fernandes 083834375641/ 75286D3B/ http://cvelecomp.com

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top