Mengenal Komponen-komponen Komputer dan Fungsinya

Mengenal Komponen-komponen Komputer dan Fungsinya

Komponen Komputer - Komputer merupakan sebuah perangkat yang sangat kita perlukan untuk menjalankan kehidupan sebagai manusia modern saat ini. Karena dengan adanya perangkat canggih yang disebut dengan komputer tersebut maka pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih mudah dan efisien. Dalam sebuah perangkat komputer ini terdiri dari ribuan komponen yang saling berkaitan satu sama lain membentuk suatu sistem kerja. Dengan hal tersebutlah yang akhirnya menjadikan perangkat komputer dapat melaksanakan perintah yang kita berikan.

Ada banyak komponen yang terdapat di dalam komputer, tahukah anda komponen apa sajakah yang termasuk komponen utama dalam sebuah perangkat komputer? dan apakah kegunaannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penting bagi anda untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama, karena kami akan mengulas banyak hal menarik tentangnya.

Komponen-komponen utama perangkat komputer

  1. Motherboard. Motherboard atau papan induk merupakan tempat untuk menancapkan atau memasang komponen komputer lain layaknya prosesor, ram, dan lain sebagainya. Papan induk ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer yakni dalam menghubungkan komponen yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat tersusun secara sistematis dan dapat menjalankan kinerjanya.
  2. Prosesor. Prosesor atau yang terkadang kita kenal dengan CPU (central processing unit) adalah otak dari segala pengoperasian yang terdapat dalam sebuah perangkat komputer. Fungsi utama dari komponen yang berukuran kecil ini adalah sebagai eksekutor dari perintah yang kita berikan pada komputer. Jadi dapat dikatakan bahwa kinerja dari sebuah perangkat komputer sangat tergantung pada komponen berukuran kecil ini.
  3. RAM. Ram atau random access memory merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah komputer yang selanjutnya. Ram ini memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data yang bersifat sementara yang dapat kita akses secara acak ketika kita memerlukan data yang kita butuhkan.
  4. Video Card. Video card disebut juga kartu grafis. Video cards ini memiliki fungsi penting yakni menampilkan data yang berbentuk gambar di layar monitor.
  5. Sound Card. sound card merupakan sebuah komponen penting yang memiliki fungsi utama untuk menghasilkan output data berupa suara pada sebuah perangkat komputer.
  6. Monitor. Monitor atau layar komputer merupakan sebuah komponen output data yang akan menampilkan gambar yang kita masukkan pada video card.
  7. Keyboard. Keyboard merupakan papan ketik, komponen ini merupakan salah satu komponen input data. Kita memerlukan keyboard untuk memasukkan data atau memberikan perintah pada sebuah perangkat komputer.
  8. Mouse. Diberi nama mouse karena bentuk komponen yang satu ini menyerupai tikus, fungsinya adalah untuk menggerakkan kursor dan memberikan perintah pada sebuah perangkat komputer.
  9. Cassing, cassing ini merupakan wadah atau tempat untuk meletakkan motherboard sehingga tampak lebih rapi dan aman untuk digunakan.
  10. Power supply. Komponen ini berfungsi sebagai sumber energy yang digunakan pada sebuah perangkat komputer.
Berikut sedikit pembahasan diatas merupakan komponen komputer yang utama sering kita ketahui, semoga ulasan singkat diatas dapat menambah wawasan kita seputar komputer.



1 comment:

Mira Suka Senja said...

ternyaat banyak juga Komponen komputer yang belum saya tau. niche share mas :) sangat membantu :)

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top