Tips Mengatasi Komputer Lambat

Tips Mengatasi Komputer Lambat

Mengatasi Komputer Lambat - Komputer merupakan sebuah perangkat yang sangat penting dan kita butuhkan dalam banyak hal dalam pekerjaan yang kita miliki. Dengan sedemikian pentingnya perangkat ini, lalu bagaimana jadinya jika kinerjanya tiba-tiba melambat dengan sendirinya? Tentu sebuah hal yang sangat meresahkan jika hal tersebut terjadi ditengah aktivitas pekerjaan Anda.

Komputer yang mengalami pelambatan kinerja biasanya dipicu oleh banyak penyebab. di antaranya penyebab komputer melambat yang sering kali terjadi adalah sebagai berikut.
  1. Jarang dibersihkan. Komputer yang mendapatkan perawatan yang kurang baik mengakibatkan kotoran yang menumpuk padanya sering kali membuat prosesor yang terdapat di dalamnya menjadi cepat terasa panas.  Perlu untuk anda ingat bahwa kecepatan sebuah komputer sangat ditentukan oleh kinerja komponen komputer terutama prosesor yang ada di dalamnya. Sehingga dengan hal tersebut dapat dipastikan ketika prosesor mengalami gangguan kinerja maka komputer yang anda miliki pun akan memiliki kinerja yang melambat. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan membiasakan melakukan pembersihan secara berkala pada komputer yang anda miliki. Lakukan pengecekan dan pembersihan secara rutin agar prosessor terhindar dari debu-debu yang menumpuk.
  2. RAM yang terlalu banyak terisi data. Kapasitas penyimpanan RAM atau random acces memory yang terdapat pada komputer yang anda miliki juga mempunyai andil yang cukup besar dalam mempengaruhi kinerja yang dimiliki oleh komputer anda. Yang sering kali menjadi masalah dalam hal ini adalah ketika memory ram yang anda miliki tersebut terlampau penuh karena anda telah memasukan banyak sekali data. Dengan hal itu maka yang harus anda lakukan adalah dengan menghapus data-data yang sekiranya sudah tidak anda perlukan lagi.
  3. Selain permasalahan yang terdapat pada hardware layaknya yang saya sebutkan di atas, melambatnya kinerja komputer juga dapat ditimbulkan dari gangguan pada software. Semisal ketika anda menginstalkan sebuah program aplikasi yang tidak didukung oleh spesifikasi dari komputer yang anda miliki. Maka hal tersebut dapat mengakibatkan komputer anda memiliki beban yang berat sehingga dengannya dapat melambatkan kinerja. Yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa terlebih dahulu spesifikasi dari komputer anda sebelum menginstal sebuah software atau sebuah aplikasi.
Diatas sedikit ulasan penyebab komputer lambat, semoga dengan tips singkat diatas kita dapat mengatasi komputer kita yang tiba-tiba kinerjanya melambat.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top